Senin, 14 Desember 2015

Nyamuk

Nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia - Musim kemarau yang sudah berjalan kurang lebih empat bln., resiko yang amat dirasa merupakan udara panas, populasi nyamuk yang menyerbu rumah terasa bertambah. Efek ekonominya biaya pembelian penghilang nyamuk buatan pabrik bertambah tajam. Efek untuk kesehatan, salah satunya anggota keluarga terserang DBD serta mesti dirawat dirumah sakit sepanjang lima hari. Kesimpulannya nyamuk sudah membobol kantong keluarga dengan nilai vital. Kerap membaca anjuran serta sempat pula mendengar dari 'orang-orang kampung' di kampung halaman beberapa puluh th. silam bahwa sereh wangi yang waktu itu banyak tumbuh di dekat kampung kami sanggup difungsikan juga sebagai 'obat nyamuk' atau lebih tepatnya pengusir nyamuk, baik berbentuk minyak atau berbentuk aslinya tanpa ada diproses. Sereh wangi tiada di kurang lebih pemukiman kami di Cimanggis, tapi sereh bumbu dapur banyak tumbuh di kurang lebih rumah atau beli saja di warung atau di pasar dengan harga kurang lebih Rp 2000/ikat, yang terdiri dalam 4-5 batang sereh. Begitu juga minyak sereh (gak terang apakah ekstrak sereh bumbu dapur atau ekstrak sereh wangi) banyak dipasarkan di pasar hingga apotek, dengan harga kira-kira Rp 9000 - 10000/botol kecil.

 Mengingat cairan pembunuh serangga buatan pabrik tidak cuman mahal, juga saya yakini tdk ramah lingkungan dengan kata lain beracun. Kami hentikan sesaat pemanfaatan toksin nyamuk itu, kami cobalah sepanjang empat hari 'obat nyamuk' tradisional yang ramah lingkungan, yakni sereh serta minyak sereh. Hari 1 serta 2. Saya mencampurkan lebih dari satu tetes minyak sereh kedalam seember air, selanjutnya kain pel di rendam kedalamnya, diperas serta beberapa besar rumah lebih-lebih kamar tidur, ruangan tamu, ruangan TV, ruangan makan dipel dengan larutan amat encer minyak sereh itu. Berdasarkan penilaian sepanjang dua malam pertama, nyata-nyatanya nyamuk menyusut amat riil. Waktu nonton TV atau selagi tidur tiada lagi serangan hawa berbunyi " ngiiing ngiiing ", bunyi khas nyamuk menyerang mangsanya.

Hari 3 serta 4 Kesempatan ini tdk ngepel gunakan cairan amat encer minyak sereh, namun memakai irisan sereh bumbu dapur. Irisan sereh di tempatkan pada suatu wadah, selanjutnya di taruh di pojok-pojok tempat atau di kolong tempat tidur yang diperhitungkan jadi sarang nyamuk. Sepanjang dua malam saya amati nyamuk juga hampir tiada. Ada sekali 2 x nyamuk nekat hinggap di tangan waktu nonton TV, dengan gampang dipukul serta mati he he he..... Rangkuman atas observasi singkat sepanjang empat malam (1- 4 Agustus 2015), info lama bahwa minyak sereh serta sereh sanggup mengusir nyamuk bisa di buktikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar